Wednesday, September 14, 2016

Cara kerja motor 4 tak

Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan),kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.

Motor 4 tak memerlukan 4 siklus untuk menghasilkan 1 tenaga putar yang nantinya akan di teruskan oleh komponen-komponennya hingga ke roda belakang, sehingga motor bisa berpindah dari satu titik ke titik yang berbeda. oke bosku....... kita akan langsung membahas siklus kerja motor 4 tak.






Siklus kerja motor 4 tak terdiri sebagai berikut :

1 .  Langkah hisap
  • Piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah).
  • Klep hisap terbuka.
  • Campuran bahan bakar akan masuk dari karburator ke silinder/ruang bakar.



2 .  Langkah kompresi/Pemadatan
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  • Klep hisap dan Klep buang tertutup.
  • Bahan bakar akan dikompresi/dipadatkan di ruang bakar dan sebelum piston mencapai TMA (10° - 15°), busi memercikan api sehingga timbul pembakaran.


3 .  Langkah Usaha Kerja
  • Karena dorongan pembakaran, piston bergerak dari TMA ke TMB.
  • Klep hisap dan klep buang masih tertutup.
  • Gerakan piston ke bawah akan digunakan untuk memutar kruk as guna menggerakan mesin.


4 .  Langkah buang
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA.
  • Klep buang terbuka.
  • Sisa pembakaran akan terbuang melalui knalpot.


5 .  Langkah Over leaping Klep
  • Terbukanya kedua klep secara bersamaan yang terjadi di antara langkah buang menuju langkah hisap. tujuannya untuk membilas ruang bakar.

Itulah langkah/step by step yang terjadi hingga menghasilkan tenaga pengerak. Semoga dari penjelasan ini kalian bisa memahami dasar-dasarnya. 
Sekian dan terima  

No comments: