Tuesday, April 25, 2017

Hal yang harus di perhatikan dalam membuat motor balap atau motor balap harian

Banyak antara kita yang hobi dalam memodifikasi sepeda motor sesuai kebutuhan. Ada yang memodif tampilannya dan ada juga yang memodif mesin untuk mendongkrak performa mesin standart ke performa maksimal mesin. Dan kali ini kita akan membahas HAL-HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN UNTUK MENDONGKRAK PERFORMA MESIN. Berikut adalah hal yang perlu di perhatikan untuk mendongkrak kinerja mesin ke titik maksimalnya.




  • Kompresi 


Dalam memodifikasi mesin sepeda motor, kompresi sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan performa seuatu mesin yang di modifikasi. Karena kompresi adalah faktor atau syarat untuk sebuah mesin menyalah. Jika suatu motor kehilangan atau kompresinya bocor, Motor akan susah menyalah atau bisa juga motor tidak bisa menyalah. Oleh karena itu kompresi itu berpengaruh untuk meningkatkan performa mesin. Hal yang harus di lakukan terhadap kompresi adalah memperpadatnya agar tenaga saat pembakaran besar. Jadi banyak di antara para mekanik yang melakukan segala cara untuk memperpadat kompresi mesin mereka hinggah mengambil resiko tinggi karena kompresi yang terlalu ekstrim. Beberapa hal yang bisa mengubah kompresi atau ruang bakar. Desain head, desain piston, dan hinggah mengubah pin stroke atau ganti connecting rod(Stang piston).

  • Pengapian


Sistem pengapian adalah sistem pendukung yang di butuhkan untuk pembakaran di ruang bakar. Jadi untuk motor modifikasi di butuhkan pengapian yang maksimal dan pas itu motor. Jika pengapiannya kecil, maka pembakaran tidak maksimal dan mempengaruhi tenaga motor kurang performanya. Tapi jika pengapian terlalu besar, mesin tidak tahan lama atau mesin sampai jebol. Jadi untuk sistem pengapian di butuhkan pengapian yang tepat sesuai kebutuhan motor itu agar performa nya maksimal. Untuk performa motor racing di butuhkan Busi racing, koil racing, dan CDI/ECU yang bisa di setting atau mapping. 

  • Bahan bakar


Bahan bakar adalah faktor penting untuk memaksimalkan sistem pengapian dan kompresi. Oleh karena itu kita harus memilih karburator atau injektor yang tepat untuk asupan bahan bakar pada sepeda motor. Dan bukan hanya itu saja, kita juga harus memperbaiki lubang masuk dan buang bahan bakar agar tenaga maksimal. Terus pemilihan bahan bakar sesuai kapasitas mesin. Semua ini masih ada bagian kususnya untuk di jelaskan di postingan berikutnya yang akan membahas kusus untuk perhitungan bahan bakar sesuai kapasitas mesin, portingan yang baik untuk mesin, dan karburator yang tepat di gunakanan. Semuanya akan saya jelaskan satu persatu agar lebih mudah di pahami.



Ke tiga faktor ini adalah syarat mutlak untuk motor menyalah. Dan syarat utama dalam modifikasi sepeda motor sebelum memodifikasi yang lainnya. Karena yang lain hanyalah fakto pendukung agar lebih memaksimalkan kerja mesin. Dan saya akan jelaskan semua, yang saya ketahui tentang modifikasi sepeda motor di postingan berikutnya. Dan silakan saran dan kritiknya jika ada yang merasa tidak puas atas postingan ini. Saya juga manusia biasa yang masih belajar tentang modifikasi motor balap ini. Maaf jika ada kekurangan dalam postingan saya. Jadi saya minta tolong saran dan kritikan ada. 

No comments: