Tuesday, September 20, 2016

komponen bak kopling beserta fungsinya

Sepeda motor menggunakan kopling untuk meneruskan dan memutus tenaga dari kruk as ke gear rasio sampai roda belakang. oke bosku langsung aja kita bahas komponen-komponen bak kopling antara lain.


- Pengertian kopling
kopling berpungsi untuk memutus dan meneruskan putaran mesin.
kopling juga terbagi atas dua bagian, antara lain :



A . Kopling otomatis
      Kopling otomatis berfungsi  memutus dan meneruskan putaran dari kruk as secara otomatis tergantung             RPM mesin.

B . Kopling manual
     Kopling manual berfungsi sebagai penghubungkan dan memutuskan putaran mesin secara manual dengan      cara menekan hendel kopling sehingga kampas kopling & plat kopling merenggang dan pada saat itu              memasukan gigi perseneling.

komponen komponen kopling, antara lain :

1 . Bak kopling

  • Fungsi        : Sebagai wadah oli di bagian kopling.
  • Cara kerja : -
  • kerusakan : Jarang terjadi.
  • Solusi         : -
2 . Hendel/pedal pengungkit

  • Fungsi        : Untuk mengoprasikan kopling.
  • Cara kerja : Pada saat hendel di tekan kopling akan beroprasi.
  • kerusakan : Patah karena pemakaian.
  • Solusi         : Ganti baru.
3 . Lifter
  • Fungsi        : Sebagai penekan clutch center.
  • Cara kerja : Bekerja setelah mendapat tekanan stut kopling.
  • kerusakan : Jarang terjadi.
  • Solusi         : Ganti baru.
4 . Kopling tengah (Clutch center)
  • Fungsi        :  Sebagai penggerak naik turun kopling.
  • Cara kerja : Berkerja jika mendapatkan tekanan dari lifter.
  • kerusakan : Bagian dudukan pegas kopling patah atau dol.
  • Solusi         : Ganti baru.
5 . Pelat penekan
  • Fungsi        : Sebagai penghubung ke transmisi primer.
  • Cara kerja : Ketika kopling beroprasi pelat akan memutar as transmisi primer.
  • kerusakan : Aus pada bagian sudut-sudut penghubung plat kopling
  • Solusi         : Ganti baru.
6 . peluruh penyearah
  • Fungsi        : Menyearahkan putaran kopling pada saat di engkol. 
  • Cara kerja : Pada saat mesin di engkol, peluruh penyearah akan menyearakan putaran dari transmisi                      skunder ke transmisi primer lalu as kruk untuk menggerakan piston.
  • kerusakan : Aus pemakaian.
  • Solusi         : Ganti baru.
7 . Stat kopling (Batang pembebas)
  • Fungsi        : Untuk menekan Lifter.
  • Cara kerja : Bekerja pada saat tuas perseneling ditekan.
  • kerusakan : Bagaian batang aus.
  • Solusi         : Ganti baru.
8 . Rumah kopling
  • Fungsi        : Sebagai tempat dudukan kampas kopling. 
  • Cara kerja : Berputar mengikuti putaran kopling otomatis.
  • kerusakan : Aus pemakain.
  • Solusi         : Ganti baru.
9 . As transmisi primer
  • Fungsi        : Sebagai penghubung putaran dari kopling ke transmisi. 
  • Cara kerja : Memutar mengikuti putaran kopling manual.
  • kerusakan : Aus, timbul suara mendengung.
  • Solusi         : Ganti baru.
10 . Karet peredam
  • Fungsi        : Untuk meredam getaran. 
  • Cara kerja : Meredam  getaran/hentakan yang terjadi pada kopling manual.
  • kerusakan : Pecah karena mengeras atau aus pemakaian.
  • Solusi         : Ganti baru.
11 . Pegas/ per kopling
  • Fungsi        : Sebagai pengembali. 
  • Cara kerja : Mendorong lifter ke posisi semula.
  • kerusakan : Pegas melemah, atau kadang juga patah.
  • Solusi         : Ganti baru.
12 . As perseneling
  • Fungsi        : Untuk pengoprasian perpindahan transmisi. 
  • Cara kerja : Pada saat perseneling di tekan, pengungkit akan memutar botol shift drum.
  • kerusakan : Aus pemakaian.
  • Solusi         : Ganti baru.
13 . Stopper bintang sift drum
  • Fungsi        : Untuk menahan perpindahan gigi dengan sendirinya. 
  • Cara kerja : Ketika berpindah gigi, stopper akan menahan bintang shift drum.
  • kerusakan : Pernya melemah.
  • Solusi         : Ganti baru.
13 . Bintang shift drum
  • Fungsi        : Tempat dudukan bintang shift drum. 
  • Cara kerja : Pada saat perpindahan gigi, bintang akan di tahan oleh stopper agar shift drum tidak                            terputar sendiri.
  • kerusakan : Jarang Terjadi.
  • Solusi         : -
14 . Pompa oli ( Oil pump )
  • Fungsi        : Untuk menyemprot oli ke bagian kepala silinder. 
  • Cara kerja : Mengikuti putaran krus as.
  • kerusakan : Jarang terjadi.
  • Solusi         : -
15 . Kampas kopling
  • Fungsi        : Untuk menghubungkan rumah kopling ke plat kopling. 
  • Cara kerja : Mengikuti putaran dari rumah kopling.
  • kerusakan : Aus.
  • Solusi         : Ganti baru.
16 . Plat kopling
  • Fungsi        : Untuk meneruskan putaran dari kampas ke  kopling tengah.
  • Cara kerja : Mengikuti putaran kopling tengah.
  • kerusakan : Aus.
  • Solusi         : Ganti baru.

No comments: