Sepeda motor menggunakan kopling untuk meneruskan dan memutus tenaga dari kruk as ke gear rasio sampai roda belakang. oke bosku langsung aja kita bahas komponen-komponen bak kopling antara lain.
- Pengertian kopling
kopling berpungsi untuk memutus dan meneruskan putaran mesin.
kopling juga terbagi atas dua bagian, antara lain :
A . Kopling otomatis
Kopling otomatis berfungsi memutus dan meneruskan putaran dari kruk as secara otomatis tergantung RPM mesin.
B . Kopling manual
Kopling manual berfungsi sebagai penghubungkan dan memutuskan putaran mesin secara manual dengan cara menekan hendel kopling sehingga kampas kopling & plat kopling merenggang dan pada saat itu memasukan gigi perseneling.
komponen komponen kopling, antara lain :
1 . Bak kopling
- Pengertian kopling
kopling berpungsi untuk memutus dan meneruskan putaran mesin.
kopling juga terbagi atas dua bagian, antara lain :
A . Kopling otomatis
Kopling otomatis berfungsi memutus dan meneruskan putaran dari kruk as secara otomatis tergantung RPM mesin.
B . Kopling manual
Kopling manual berfungsi sebagai penghubungkan dan memutuskan putaran mesin secara manual dengan cara menekan hendel kopling sehingga kampas kopling & plat kopling merenggang dan pada saat itu memasukan gigi perseneling.
komponen komponen kopling, antara lain :
1 . Bak kopling
- Fungsi : Sebagai wadah oli di bagian kopling.
- Cara kerja : -
- kerusakan : Jarang terjadi.
- Solusi : -
2 . Hendel/pedal pengungkit
- Fungsi : Untuk mengoprasikan kopling.
- Cara kerja : Pada saat hendel di tekan kopling akan beroprasi.
- kerusakan : Patah karena pemakaian.
- Solusi : Ganti baru.
3 . Lifter
- Fungsi : Sebagai penekan clutch center.
- Cara kerja : Bekerja setelah mendapat tekanan stut kopling.
- kerusakan : Jarang terjadi.
- Solusi : Ganti baru.
4 . Kopling tengah (Clutch center)
- Fungsi : Sebagai penggerak naik turun kopling.
- Cara kerja : Berkerja jika mendapatkan tekanan dari lifter.
- kerusakan : Bagian dudukan pegas kopling patah atau dol.
- Solusi : Ganti baru.
5 . Pelat penekan
- Fungsi : Sebagai penghubung ke transmisi primer.
- Cara kerja : Ketika kopling beroprasi pelat akan memutar as transmisi primer.
- kerusakan : Aus pada bagian sudut-sudut penghubung plat kopling
- Solusi : Ganti baru.
6 . peluruh penyearah
- Fungsi : Menyearahkan putaran kopling pada saat di engkol.
- Cara kerja : Pada saat mesin di engkol, peluruh penyearah akan menyearakan putaran dari transmisi skunder ke transmisi primer lalu as kruk untuk menggerakan piston.
- kerusakan : Aus pemakaian.
- Solusi : Ganti baru.
7 . Stat kopling (Batang pembebas)
- Fungsi : Untuk menekan Lifter.
- Cara kerja : Bekerja pada saat tuas perseneling ditekan.
- kerusakan : Bagaian batang aus.
- Solusi : Ganti baru.
8 . Rumah kopling
- Fungsi : Sebagai tempat dudukan kampas kopling.
- Cara kerja : Berputar mengikuti putaran kopling otomatis.
- kerusakan : Aus pemakain.
- Solusi : Ganti baru.
9 . As transmisi primer
- Fungsi : Sebagai penghubung putaran dari kopling ke transmisi.
- Cara kerja : Memutar mengikuti putaran kopling manual.
- kerusakan : Aus, timbul suara mendengung.
- Solusi : Ganti baru.
10 . Karet peredam
- Fungsi : Untuk meredam getaran.
- Cara kerja : Meredam getaran/hentakan yang terjadi pada kopling manual.
- kerusakan : Pecah karena mengeras atau aus pemakaian.
- Solusi : Ganti baru.
11 . Pegas/ per kopling
- Fungsi : Sebagai pengembali.
- Cara kerja : Mendorong lifter ke posisi semula.
- kerusakan : Pegas melemah, atau kadang juga patah.
- Solusi : Ganti baru.
12 . As perseneling
- Fungsi : Untuk pengoprasian perpindahan transmisi.
- Cara kerja : Pada saat perseneling di tekan, pengungkit akan memutar botol shift drum.
- kerusakan : Aus pemakaian.
- Solusi : Ganti baru.
13 . Stopper bintang sift drum
- Fungsi : Untuk menahan perpindahan gigi dengan sendirinya.
- Cara kerja : Ketika berpindah gigi, stopper akan menahan bintang shift drum.
- kerusakan : Pernya melemah.
- Solusi : Ganti baru.
13 . Bintang shift drum
- Fungsi : Tempat dudukan bintang shift drum.
- Cara kerja : Pada saat perpindahan gigi, bintang akan di tahan oleh stopper agar shift drum tidak terputar sendiri.
- kerusakan : Jarang Terjadi.
- Solusi : -
14 . Pompa oli ( Oil pump )
- Fungsi : Untuk menyemprot oli ke bagian kepala silinder.
- Cara kerja : Mengikuti putaran krus as.
- kerusakan : Jarang terjadi.
- Solusi : -
15 . Kampas kopling
- Fungsi : Untuk menghubungkan rumah kopling ke plat kopling.
- Cara kerja : Mengikuti putaran dari rumah kopling.
- kerusakan : Aus.
- Solusi : Ganti baru.
16 . Plat kopling
- Fungsi : Untuk meneruskan putaran dari kampas ke kopling tengah.
- Cara kerja : Mengikuti putaran kopling tengah.
- kerusakan : Aus.
- Solusi : Ganti baru.
No comments:
Post a Comment