Saturday, September 17, 2016

komponen kepala silinder motor 4 tak dan fungsinya

Komponen kepala silinder beserta fungsinya :




1 . Busi
  • Fungsi        : Sebagai medai pemercik bunga api.
  • Cara kerja : memercikan bunga api pada saat mendapat aliran listrik dari koil.
  • Kerusakan : Kotor atau pecah dll.
  • Solusi         : Di bersikan atau ganti yang baru.

2 . Gear timing (gear sproket)
  • Fungsi        : Penghubung putaran Camshaft (Noken as).
  • Cara kerja  : Gear akan memutar mengikuti putaran kruk as yang di hubungkan oleh rantai timing.
  • Kerusakan  : Bagian ujung mata gigi aus.
  • Solusi         : Ganti baru.

3 . Camshaft (Noken as)
  • Fungsi        : Mengatur buka tutup klep.
  • Cara kerja : Berputar sesuai putaran kruk as yang di hubungkan melalui rantai timing.
  • Kerusakan : Pada bagian gundukan mengalami keausan.
  • Solusi         : Ganti baru.

4 . Rocker arm (piano klep/pelatuk)
  • Fungsi        : Sebagai penghubung antara noken as dan klep.
  • Cara kerja : ketika noken as menekan pelatuk, pelatuk akan membuka klep.
  • Kerusakan : Mengalami ke ausan pada bagian tekanan noken as pada pelatuk.
  • Solusi        : Ganti baru.

5 . Pen rocker arm (Pen pelatuk)
  • Fungsi        : Sebagai pengikat pelatuk.
  • Cara kerja : -
  • Kerusakan : Pen aus, Sehingga timbul suara berisik.
  • Solusi        : Ganti baru 

6 . Bos klep 
  • Fungsi        : Sebagai tempat klep.
  • Cara kerja : Sebagai poros atau jalur kerja klep.
  • Kerusakan : Diameter pada bos aus.
  • Solusi        : Ganti baru.

7 . Seal klep
  • Fungsi        : Untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar.
  • Cara kerja : Ketika klep bekerja seal klep akan mencegah oli masuk ke ruang bakar.
  • Kerusakan : Seal pecah atau keras, sehingga tidak bekerja maksimal.
  • Solusi         : Ganti baru

8 . Pegas klep (Per klep)

  • Fungsi         : Untuk pengembali.
  • Cara kerja  : Ketika klep tertekan per klep akan mengembalikan ke posisi menutup.
  • Kerusakan  : Per melemah atau patah.
  • Solusi         : Ganti baru

9 . Valve (klep)
  • Fungsi        : Sebagai pintu atau penutup. 
  • Cara kerja  : Ketika klep tertekan klep akan membuka, dan pada saat klep tidak dalam keadan                             tertekan akan menutup kembali.
  • Kerusakan  : Batang bengkok, patah dan bagian payung aus.
  • Solusi         : Ganti baru dan skir.

10 . Valve seat (settingan klep)
  • Fungsi        : Tempat dudukan payung klep.
  • Cara kerja  : -
  • Kerusakan  : Aus akibat kerja mesin terlalu berat atau usia.
  • Solusi         : Skir atau ganti baru.

11 . Topi & kuku klep
  • Fungsi        : Sebagai pengunci antara batang klep dan per klep. 
  • Cara kerja  : -
  • Kerusakan  : jarang terjadi.
  • Solusi         : -

12 . Baut tapet/setelan klep
  • Fungsi        : Untuk mengatur celah klep.
  • Cara kerja  : -
  • Kerusakan  : Baut patah/Dol.
  • Solusi         : Ganti baru.

13 . ADS (Automatic Decomprision System)
  • Fungsi        : Sebagai pembocor kompresi agar mudah di nyalakan.
  • Cara kerja  : Pada saat mesin mati Ads akan menekan pelatuk klep untuk membocorkan kompresi.
  • Kerusakan  : peluruh penyearah aus, sehingga tidak bekerja maksimal.