Komponen kepala silinder beserta fungsinya :
3 . Camshaft (Noken as)
4 . Rocker arm (piano klep/pelatuk)
5 . Pen rocker arm (Pen pelatuk)
6 . Bos klep
7 . Seal klep
8 . Pegas klep (Per klep)
9 . Valve (klep)
10 . Valve seat (settingan klep)
11 . Topi & kuku klep
12 . Baut tapet/setelan klep
13 . ADS (Automatic Decomprision System)
1 . Busi
- Fungsi : Sebagai medai pemercik bunga api.
- Cara kerja : memercikan bunga api pada saat mendapat aliran listrik dari koil.
- Kerusakan : Kotor atau pecah dll.
- Solusi : Di bersikan atau ganti yang baru.
2 . Gear timing (gear sproket)
- Fungsi : Penghubung putaran Camshaft (Noken as).
- Cara kerja : Gear akan memutar mengikuti putaran kruk as yang di hubungkan oleh rantai timing.
- Kerusakan : Bagian ujung mata gigi aus.
- Solusi : Ganti baru.
3 . Camshaft (Noken as)
- Fungsi : Mengatur buka tutup klep.
- Cara kerja : Berputar sesuai putaran kruk as yang di hubungkan melalui rantai timing.
- Kerusakan : Pada bagian gundukan mengalami keausan.
- Solusi : Ganti baru.
4 . Rocker arm (piano klep/pelatuk)
- Fungsi : Sebagai penghubung antara noken as dan klep.
- Cara kerja : ketika noken as menekan pelatuk, pelatuk akan membuka klep.
- Kerusakan : Mengalami ke ausan pada bagian tekanan noken as pada pelatuk.
- Solusi : Ganti baru.
5 . Pen rocker arm (Pen pelatuk)
- Fungsi : Sebagai pengikat pelatuk.
- Cara kerja : -
- Kerusakan : Pen aus, Sehingga timbul suara berisik.
- Solusi : Ganti baru
6 . Bos klep
- Fungsi : Sebagai tempat klep.
- Cara kerja : Sebagai poros atau jalur kerja klep.
- Kerusakan : Diameter pada bos aus.
- Solusi : Ganti baru.
7 . Seal klep
- Fungsi : Untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar.
- Cara kerja : Ketika klep bekerja seal klep akan mencegah oli masuk ke ruang bakar.
- Kerusakan : Seal pecah atau keras, sehingga tidak bekerja maksimal.
- Solusi : Ganti baru
8 . Pegas klep (Per klep)
- Fungsi : Untuk pengembali.
- Cara kerja : Ketika klep tertekan per klep akan mengembalikan ke posisi menutup.
- Kerusakan : Per melemah atau patah.
- Solusi : Ganti baru
9 . Valve (klep)
- Fungsi : Sebagai pintu atau penutup.
- Cara kerja : Ketika klep tertekan klep akan membuka, dan pada saat klep tidak dalam keadan tertekan akan menutup kembali.
- Kerusakan : Batang bengkok, patah dan bagian payung aus.
- Solusi : Ganti baru dan skir.
10 . Valve seat (settingan klep)
- Fungsi : Tempat dudukan payung klep.
- Cara kerja : -
- Kerusakan : Aus akibat kerja mesin terlalu berat atau usia.
- Solusi : Skir atau ganti baru.
11 . Topi & kuku klep
- Fungsi : Sebagai pengunci antara batang klep dan per klep.
- Cara kerja : -
- Kerusakan : jarang terjadi.
- Solusi : -
12 . Baut tapet/setelan klep
- Fungsi : Untuk mengatur celah klep.
- Cara kerja : -
- Kerusakan : Baut patah/Dol.
- Solusi : Ganti baru.
13 . ADS (Automatic Decomprision System)
- Fungsi : Sebagai pembocor kompresi agar mudah di nyalakan.
- Cara kerja : Pada saat mesin mati Ads akan menekan pelatuk klep untuk membocorkan kompresi.
- Kerusakan : peluruh penyearah aus, sehingga tidak bekerja maksimal.
1 comment:
thanks
Post a Comment